My Way
We can turn the sprinklers on

Jenis-Jenis Hamster

Sebenarnya terdapat banyak jenis Hamster di dunia dan hampir ada di tiap negara, tetapi hanya beberapa jenis saja yang umum dipelihara sebagai hewan peliharaan.

syrian

A.HAMSTER SIRIA (Mesocricetus auratus)
ditemukan pertama kali pada thn 1930 oleh I.aharoni, seorang profesor zoologi universitas habrew, yerusalem.hamster ini pertama kali ditemukan dalam sebuah lubang sepanjang delapan kaki di daerah padang pasir aleppo,siria.oleh sebab itu hamster ini dikenal dgn nama hamster siria (syrian hamster). Hamster ini adalah jenis hamster yang berbadan paling besar.

– umur 2 – 2,5 thn,bila dirawat dengan baik.
– panjang 15 – 20 cm bila sudah dewasa.
– macam2 hamster siria : (short hair,long hair,rex,satin).

campbell

B. HAMSTER CAMPBELL (Phodopus sungoris campbelli)
ditemukan pertama kali pada thn 1905 oleh thomas campbell.hamster ini berasal dari asia tengah,terutama banyak ditemukan di daerah mongol dan timur laut cina. Paling banyak varian warnanya sehingga hamster ini lumayan populer. Akan tetapi hamster ini sulit untuk di jinakkan (bagi saya sangat sulittt…. coz dulu dah sering pelihara ne hamster tapi hobi nya gigit jari gue terus ampe berdarah, trauma deh pelihara ne hamster. Tapi saya sekarang masih punya satu hamster campbell, sangat agresif, kalo saya mau bersihin kandangnya, saya pindahin dia pake sarung tangan ato g pake kain tebal). Tapi hamster ini bisa di jinakkan kalo dia dah merasa kenal dan nyaman dengan bau si pemiliknya, so sering-sering aja kamu masukin jari or tangan mu di kandangnya ato gak sering-sering aja megang nya, ya paling di gigit nya satu ato dua kali.

– umur 1,5 – 2 thn,bila dirawat dgn baik.
– panjang 9 – 12 cm,bila sudah dewasa.
– macam2 hamster campbell :
(albino,panda,black bear,argente,opal,blue dll)
– masa kehamilan hamster campbell 18 – 21 hari.

roborovski

C.HAMSTER ROBOROVSKI (Phodopus roborovskii)
hamster ini berasal dari mongol bagian barat dan timur serta sebelah utara cina.roborovski hidup di dalam lubang sedalam 50 – 150 cm. Hamster ini banyak juga peminatnya karena muka nya yang imut dan badan nya paling kecil dari semua jenis hamster. Harga di pasaran lumayan mahal di bandingkan jenis hamster yang lain. Mungkin karena hamster ini susah untuk di kembang biakkan. Hamster ini adalah hamster yang paling gesit. Larinya cepet banget, tapi jinak.

– umur 3,5 – 4 thn bila dirawat dgn baik.
– panjang 4 – 5 cm bila sudah dewasa.
– macam2 hamster roborovski : (normal,white face).

djungarian_hamster

D.HAMSTER WINTER WHITE (Phodopus sungorus sungorus)
ditemukan pertama kali dijadikan sebagai bahan tulisan pada thn 1770.nama winter white yg diberikan pada hamster ini didasarkan oleh perubahan warna bulu bila terjadi perubahan suhu.pada musim dingin,bulu hamster ini akan berubah menjadi putih dan kembali ke warna asal pada musim panas.
hamster winter white berasal dari bagian timur kazakhastan dan tenggara siberia. Saya punya sepasang hamster winter white di rumah. Wich seneng banget pas dapet ne hamster dari seorang kenalan di sebuah forum pecinta hamster. Hamster ini mudah untuk dijinakkan karena sifatnya yang tak suka menggigit dan tidak agresif seperti campbell. Fisiknya hampir sama dengan campbell. Hamster ini cocok untuk pemula.

– umur 1,5 – 2 thn bila dirawat dgn baik.
– panjang 7 – 9 cm bila sudah dewasa.
– macam2 hamster winter white :
(normal,safir,pearl,golden)

chinese_hamster1

E.HAMSTER CINA (Cricetulus griseus)
hamster ini berasal dari daerah utara cina dan termasuk dalam kluarga hamster berekor panjang.

– umur 2 – 4 thn,bila dirawat dgn baik.
– panjang maksimal bisa mencapai 10 cm.
– macam2 hamster cina : (normal,putih,berbintik2).

http://blog.unsri.ac.id/emonpotter/

No Responses to “Jenis-Jenis Hamster”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: